Pusat Baja Ringan Ungaran



Kamis, 21 Maret 2019

Baja Ringan Pilihan Terbaik Untuk Atap Rumah

Alasan Memilih Rangka Atap Baja Ringan

sudah jelas dengan tipe baja ini adalah baja yang tidak berat, biasanya orang lebih mengenal semua yang disebut baja adalah sesuatu yang berat atau juga mereka menyebut baja konvesional. Baja ringan adalah baja berkualitas tinggi yang bersifat tipis dan tentunya ringan, akan tetapi kekuatannya tidak kalah dari baja konvensional  jika baja ringan disusun dan didesain dengan strategi dan perhitungan yang akurat.
Ada beberapa macam baja ringan yang dapat di kelompokan berdasarkan nilai tegangan tariknya. Kemampuan tegangan tarik ini umumnya di dasarkan pada fungsi akhir dari baja ringan tersebut.
Salah satu baja ringan dengan mutu tinggi yaitu dengan kekuatan leleh minimum 550 MPa (Mega Pascal). System rangka atap baja ringan sebuah bangunan dengan struktur dan perhitungan yang luar biasa.
Alasan – alasan menggunakan baja ringan digunakan untuk rangka atap:
  1. Rangka baja ringan tidak akan dimakan rayap
  2. Baja ringan akan mempercepat durasi atau waktu pengerjaan suatu bangunan
  3. Struktur rangka atap baja ringan yang tentunya lebih ringan daripada jika anda menggunakan kayu sebagai rangka atap anda
  4. Rangka baja ringan menggunakan anti karat yang sesuai dengan kebutuhan dan perhitungan atap rumah / bangunan anda
Spesifikasi atap baja ringan milik meliputi profil batang utama (top and bottom chord) yaitu profil Z, profil batang web yaitu profil C, dan profil reng yaitu profil B. Lapisan anti karat yang dipakai atap baja ringan mengandung Aluminium Zinc AZ100 dengan ketebalan lapisan 100gr/m2.
Atap baja ringan hadir dari pengalaman para ahli yang telah berkecimpung lebih dari 20 tahun dalam pengembangan “ system rangka atap baja ringan “. mempunyai system terbaik dan juga dibuat di mesin terbaik dengan menggunakan bahan terbaik dan bisa memberikan kolaborasi terbaik untuk customer adalah system rangka atap baja ringan yang memberikan garansi nasional 10 tahun.
Mengapa Alasan Memilih Atap Baja Ringan – Tapi ada beberapa poin penting yg harus dijadikan pertimbangan sebelum memutuskan memakai rangka atap baja ringan. Banyak tipe dan merek beredar, namun jika hanya harga yg jadi pertimbangan, maka MAUT akan mengintai……Penulis akan memaparkan
Mengapa Struktur Baja Ringan sering gagal:
  1. Bahan dasar metal lembaran saat ini masih banyak beredar yang kualitasnya bukan diperuntukkan bagi struktur rangka atap baja ringan. Misalnya saja syarat kekuatan bahan baja ringan yg seharusnya G550 High tensile steel, ternyata waktu diuji di bawah itu, bahkan konon ada yang hanya G370 mild steel. Bukan berarti G370 itu jelek. Tapi untuk rangka atap baja ringan, syaratnya minimum G550.
  2. Lapisan anti karat atau coating yang non standar. Untuk Galvanis (Zinc), minimum Z180 (tebalnya 180 gram/m2), untuk Galvalume (aluminum-zinc) minimum AZ150 (150 gram/m2). Coba cek, di pasaran yg beredar AZ100 bahkan kurang.
  3. Syarat jumlah sekrup (harus self-drilling screw beralur kasar) dan mutu sekrup seringkali diabaikan. Di tiap titik sambunhmgan, minimal 3 sekrup harus dipasang. Faktanya, kadang cuma 1-2 sekrup itupun suka meleset lubangnya. Sekrup standard high strengh AS 3556 diganti sekrup biasa yg lebih murah, bahkan ada yang nekat memakai sekrup beralur halus yg notabene bukan diperuntukkan bagi rangka atap baja ringan.
  4. Syarat pembebanan sering diabaikan. Tidak hanya beban penutup atap, beban angin dan hujan pun seharusnya dihitung dan berbeda (khas) di tiap wilayah.7. Profil Baja Ringan yg mudah ditemukan di pasaran tebalnya 0.75-0.8 mm, bahkan ada yg hanya 0,65mm dan 0,50mm ! Sebenarnya ketebalan ini masih bisa dipertanggungjawabkan asalkan dihitung benar2 memakai software yg tepat.8. Rangka atap baja ringan itu kekakuannya rendah, sehingga perlu dipasang elemen2 pengaku/bracing yang cukup dan tepat pemasangannya. Bracing vertikal, lateral dan horizontal seringkali tidak dipasang, atau dipasang sembarangan dan salah penempatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LOKASI BN'S TRUSS UNGARAN

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *